This is an example of a HTML caption with a link.

Akses Internet

Ketersediaan fasilitas internet di Unimed dimulai sejak tanggal 1 April 2007. Adapun yang menjadi provider jasa layanan dedicated broadband sebesar 2 Mbps ini adalah Astinet dari PT Telkom, Tbk. Dengan adanya layanan ini maka sejak saat itu seluruh komputer yang telah terkoneksi dalam LAN Unimed telah dapat menikmati fasilitas internet.  Pada Tahun 2008 layanan tersebut ditingkatkan menjadi 5 MBps yang kemudian ditindak lanjuti pada tahun 2011 layanan internet bagi sivitas akademika UNIMED mencapai 80 Mbps.

Saat ini unimed telah memiliki ASN private dari IDNIC/APJII sebagai pelanggan yang memiliki hak pemanfaatan IP Publik private sebanyak 2 blok IP Publik (/23) untuk universitas. Sehingga jenis bandwidth yang dilanggan berubah dari Astinet PT.Tekom menjadi IP Transit dari PT.Telkom sebagai provider utama dan PT. Indosat sebagai provider backup. Pada tahun 2016 ini Unimed melanggan bandwidth internet dengan komposisi 130 Mbps untuk domestik dan 420 Mbps untuk internasional. Dari jumlah 550 Mbps bandwidth Unimed tersebut, secara keseluruhan tersebar di seluruh unit pelayanan, pembelajaran dan fungsi administrasi kampus lainnya serta alokasi bandwidth seluruh server dai datacenter.

    Dalam pemanfaatannya, bandwidth tidak hanya digunakan sebagai access internet saja tapi juga sebagai access server content dan aplikasi pada datacenter Universitas Negeri Medan

LINK INTERNAL